Friday, November 9, 2012

7 Fakta Makanan yang Mengejutkan


1. Pasokan cokelat dunia dinyatakan akan habis
Mungkin berita buruk bagi banyak orang: pasokan cokelat dunia akan segera habis. Hal tersebut terkait kerusuhan politik dan ancaman yang diterima para petani di Pantai Gading (produsen sebagian besar biji kakao di dunia), banyak petani dan pemilik lahan kakao telah meninggalkan negara tersebut, sehingga produksi cokelat mencapai titik terendahnya. Diperkirakan bahwa pasokan cokelat akan habis, dan kekurangan pasokan cokelat diprediksi akan terjadi pada 2014.

2. Salah satu makanan termahal di dunia terbuat dari air liur

Mulai dari kaviar (telur ikan) hingga truffle (jamur yang dapat dimakan), tampaknya banyak makanan paling mahal di dunia terbuat dari bahan yang tidak terduga, dan sup sarang burung tidak terkecuali. Sup yang mahal itu terbuat dari sarang yang berasal dari air liur burung. Kita mungkin enggan mengeluarkan uang hanya demi air liur, tetapi sarang burung adalah salah satu produk makanan hewani yang paling mahal saat ini.

3. Makanan Anda dapat mengandung serangga dan bulu
Sebagian besar dari kita tidak akan memasukkan serangga sebagai menu dari diet kita, namun, Anda mungkin akan memakan mereka lebih banyak dari yang Anda duga. Dan sayangnya, makanan itu bukanlah satu-satunya yang ada di diet Anda. Di AS, FDA memungkinkan "keanehan alami" dengan mengizinkan sejumlah serangga dan bulu hewan pengerat ditambahkan pada produk makanan. Sebagai contoh, produk cokelat mungkin mengandung rata-rata 60 fragmen serangga dan binatang pengerat satu helai bulu hewan pengerat per 100 gram, sedangkan jus jeruk dapat mengandung satu ekor belatung per 250 ml.


4. Buah dan sayuran menjadi kurang bergizi
Meskipun buah dan sayuran adalah salah satu sumber antioksidan, vitamin dan mineral terbaik, hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “HortScience” menunjukkan bahwa buah dan sayuran saat ini kurang bergizi dibandingkan 50 tahun yang lalu. Hal tersebut karena metode pertanian baru telah mengurangi nutrisi dari tanah. Menurut sebuah studi, dibutuhkan delapan buah jeruk untuk mendapatkan vitamin A pada tingkat yang sama dari satu buah jeruk yang ditanam 50 tahun yang lalu. Untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin, cobalah untuk sebisa mungkin membeli produk organik dan makan lebih banyak buah dan sayuran.

5. Selada yang sudah dicuci sebelumnya mungkin terkontaminasi dengan bakteri
Banyak dari kita memilih selada yang sudah dicuci sebelumnya ketika membeli sayuran. Namun, penelitian Consumer Reports menemukan bahwa selada tersebut mungkin tidak sebersih kelihatannya. Penelitian, yang menguji  200 sampel yang berbeda dari selada yang sudah dicuci sebelumnya, menemukan bahwa 39 persen dari selada tersebut mengandung bakteri yang disebut coliform, yang biasanya digunakan sebagai indikator kontaminasi produk makanan. Meskipun hal tersebut tidak berarti bahwa Anda harus membuang sayuran tersebut, Anda harus waspada dan mencuci lagi selada secara menyeluruh di rumah.

6. Mengunyah biji kopi dapat menyegarkan napas Anda
Kopi mungkin bukan hal pertama yang Anda cari ketika ingin menyegarkan napas Anda, namun jika Anda sudah makan bawang merah dan bawang putih maka kopilah yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak sempat menggosok gigi, mengunyah biji kopi panggang dapat membantu menghilangkan bau bawang merah atau bawang putih. Penyegar napas lainnya yang bagus antara lain daun peterseli atau mint.

7. Cokelat sama sehatnya dengan buah
Mungkin kabar baik datang sangat terlambat jika prediksi kepunahan cokelat benar-benar terjadi, namun penelitian menunjukkan bahwa cokelat sama sehatnya seperti buah. Saat diuji dan dibandingkan dengan jus dari 'superfruit' seperti blueberry dan buah delima, cokelat hitam memiliki antioksidan yang lebih tinggi, yang penting untuk memerangi penyakit dan mencegah keriput. Untuk kudapan yang sehat, pilihan terbaik adalah mengonsumsi cokelat hitam murni karena susu dan gula proses pengolahan yang terlalu banyak dapat mengurangi manfaat kesehatannya.