Friday, November 9, 2012

9 Fakta tentang Ritual Pengorbanan Manusia oleh Suku Aztec

Suku Aztec adalah sebuah kelompok etnis dari orang-orang yang diduga berasal dari tempat mitos yang disebut Aztlan.
Sumber utama pengetahuan kita tentang sejarah dan budaya Aztec berasal dari dokumen tertulis dari abad ke-16 dan ke-17, dari laporan saksi mata penakluk Spanyol, penemuan arkeologi, dan naskah kuno.
Suku Aztec memiliki tradisi, mitos, dan ritual yang rumit. Pengetahuan mereka tentang arsitektur dan seni mencengangkan banyak kalangan.
Berikut akan disajikan berbagai fakta dan informasi perihal ritual dan tradisi pengorbanan manusia suku Aztec.

Fakta-fakta tentang Ritual Aztec

1. Saat melakukan ritual, pendeta Aztec mengecat hitam tubuh mereka sebagai pengenal bahwa mereka adalah seorang pendeta.

2. Setiap kali orang Aztec menaklukkan sebuah kota, mereka menambahkan semua dewa dari kota tersebut ke agama mereka. Itu sebab, agama Aztec selalu mendapatkan tambahan dewa baru.

3. Suku Aztec menguburkan anggota keluarga mereka di dalam rumah!

4. Ritual aneh Aztec termasuk mendandani orang-orang khusus yang terpilih meniru dewa tertentu untuk kemudian dibunuh sebagai korban bagi dewa tersebut.

5. Orang Aztec percaya bahwa para dewa menginginkan pengorbanan sebagai imbalan atas bantuan yang akan diberikan. Jadi skala pengorbanan tergantung pada bantuan dewa yang diperlukan.
Untuk bantuan yang penting tak jarang mereka memotong telinga, lidah, dan bahkan alat kelamin mereka sendiri untuk dikorbankan.

6. Saat anak perempuan lahir, ia akan diberikan bingkisan pot, alat tenun, dan batu pencuci, diiringi doa pendeta sebagai berikut, “Peranmu akan menjadi istri dan ibu dari prajurit masa depan”. Orang yang membantu kelahirannya lantas memanggil dewi Yoalticitl untuk memberkatinya.

7. Jika anak laki-laki lahir, ia akan diberikan busur, anak panah, dan perisai dada, diiringi doa pendeta sebagai berikut, “Kau telah datang ke dunia ini untuk memberikan matahari darah musuh-musuhnya untuk diminum, dan untuk memberi makan tanah dengan tubuh mereka “.

8. Ritual pengorbanan manusia didasarkan pada kepercayaan bahwa para dewa akan meninggalkan mereka jika tidak mendapatkan “air yang berharga”, yaitu darah.

9. Keyakinan ini diperdalam dengan kepercayaan bahwa tiga dewa utama Aztec – Huitzilopochtli, Quetzalcoatl, dan Tezcatlipoca- mengorbankan diri dan menawarkan jantung mereka kepada matahari.
Suku Aztec percaya bahwa jika mereka tidak melakukan pengorbanan, matahari tidak akan terbit keesokan harinya.

10. Perempuan diperbolehkan menjadi pendeta selama mereka tidak menikah.

11. Jika orang miskin berpakaian seperti orang kaya, ia akan dihukum dengan rumahnya dibongkar. Jika ia bersalah lagi, maka hukumannya adalah dieksekusi.

Fakta-fakta tentang Pengorbanan Manusia Aztec

1. Suku Aztec percaya bahwa orang-orang yang dikorbankan untuk para dewa, perempuan yang meninggal selama persalinan, dan orang-orang yang tewas dalam pertempuran akan menjadi sahabat matahari selama 5 tahun setelah mereka dilahirkan kembali sebagai Kolibri atau kupu-kupu.

2. Para pendeta harus memilih orang yang cocok untuk dikorbankan, setelah itu mereka akan makan daging dan minum sebagian darah orang yang dikorbankan!

3. Ritual pengorbanan dilakukan dengan urutan sebagai berikut: korban dipilih, dibawa ke altar dalam kuil atau piramida di mana pendeta akan menyayat dada dan mengambil jantung saat korban masih hidup untuk kemudian jantung tersebut dibakar.
Setelah itu, mayat kemudian dilempar dari atas piramida. Jika korban menunjukkan keberanian, pendeta akan menunjukkan rasa hormat dengan menggendong mayat menuruni piramida alih-alih melemparkannya.

4. Satu-satunya pengecualian aturan di atas adalah ketika pengorbanan dilakukan untuk Huehueteotl – dewa makanan, kehangatan, dan kematian – di mana korban pertama kali dilemparkan ke dalam api dan ditarik keluar sebelum tewas untuk diambil jantungnya dan dibuang ke dalam api.

5. Suku Aztec percaya bahwa Tlaloc, dewa hujan, senang mendapatkan pengorbanan anak-anak yang dilakukan pada musim semi.

6. Dalam sebuah upacara yang unik, perawan dikorbankan untuk dewi Xochipilli, di mana kaki mereka disilangkan sebelum akhirnya jantung dikeluarkan dari dada mereka.

7. Pada ritual lain, seorang wanita yang mewakili dewi Xochiquetzal dikorbankan.

8. Setiap kali orang Aztec kehabisan makanan, mereka akan makan daging dari mayat musuh mereka yang tewas dalam pertempuran.

9. Ritual aneh terjadi pada bulan ke-5 kalender Aztec, di mana orang yang paling tampan bisa berkencan dengan 4 gadis selama 1 malam. Keesokan paginya gadis-gadis tersebut akan menari untuk kemudian dikorbankan bersama sang pria kepada dewa Tezcatlipoca